Ini Janji Sofyan Soal Gejolak Harga Akibat BBM Naik

Senin, 30 Maret 2015 - 12:42 WIB
Ini Janji Sofyan Soal Gejolak Harga Akibat BBM Naik
Ini Janji Sofyan Soal Gejolak Harga Akibat BBM Naik
A A A
JAKARTA - Gejolak harga akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kembali terjadi. Hal ini sudah menjadi kebiasaan, bila harga BBM naik, harga barang ikut naik, namun ketika turun, harga barang tidak mengikuti turun.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengaku akan membereskannya karena struktur pasar Indonesia yang tidak sehat. Menurutnya, masih ada permainan di pasar yang tidak sehat seolah yang melakukannya tidak mengerti kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

"Kita membereskan karena struktur pasar di Indonesia tidak sehat, masih banyak monopoli, masih banyak kartel. Kita terus upayakan, ditargetkan untuk dihilangkan," ujar Sofyan di Jakarta, Senin (30/3/2015).

Sofyan mengatakan, di sini peran Bulog juga harus diperbaiki dan diperkuat. Kemudian memperkuat peranan anti monopoli, supaya Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menjadi lebih sehat.

"Filipina itu negaranya sama persis dengan kita tapi inflasinya jauh lebih rendah dari Indonesia secara konsisten. Kalau Malaysia dan Thailand enggak usah dibandingkan ya," kata dia.

Selama ini, lanjut Sofyan, inflasi tinggi karena struktur pasar dan salah satunya adalah masalah harga komponen utama BBM yang diatur pemerintah. "Struktur pasar kita masih berantakan, itu enggak akan membantu untuk inflasi bisa rendah," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5589 seconds (0.1#10.140)